by

Pelabuhan Bakauheni Tidak Ada Penutupan Penyeberangan

Lampungway.com – Meski pemerintah telah resmi merilis aturan larangan mudik, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung ke Pelabuhan Merak – Banten dan rute sebaliknya tidak ada penutupan penyeberangan.

Hal tersebut dipastikan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero). Humas PT ASDP Cabang Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap, Sabtu (25/4/2020) menjelaskan, Pelabuhan Bakauheni tidak ada arahan penutupan maupun pembatasan.

Untuk itu, dipastikannya sampai dengan hari ini penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni menjalani aktivitas seperti biasa dan berjalan normal.

Hanya saja, dijelaskan Sifulahil, wewenang terkait pemberhentian kendaraan roda empat dan roda dua yang akan masuk ke kawasan pelabuhan itu adalah kewenangan pihak pengamanan, bukan ASDP.

ASDP menurutnya memiliki kewenangan untuk menyeberangkan penumpang yang telah membeli tiket. “Tugas kami ini kan pelayanan,” kata dia.

Maka dari itu, aktivitas untuk saat ini di pelabuhan masih berjalan seperti biasa. Hanya saja memang, untuk angkutan barang dan kebutuhan logistik yang lebih diprioritaskan.

Saiful tak menampik, bahwasannya ada informasi yang didapatkan untuk Pelabuhan Merah yang kemungkinan terjadi pembatasan penumpang.

“Pembatasan kemungkinan hanya di Pelabuhan Merak. Di sana zona merah,” tuturnya.

Apalagi disampaikannya bahwa tren mudik dari tahun ke tahun terjadi dari Jawa ke Sumatera. Maka dari itu, yang kemungkinan akan terjadi pembatasan ada di Pelabuhan Merak, Banten.

“Bisa jadi ada pembatasan jika di Pelabuhan Merak,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang ia peroleh, disampaikannya, untuk pembatasan di Pelabuhan Merah terjadi pada kendaraan pribadi atau orang, yakni dengan adanya introgasi dari petugas, terkecuali kendaraan logistik.

“Jadi pengendara pribadi ini akan terlebih dahulu ditanya oleh petugas yang berjaga. Jika tidak diperbolehkan menyeberang lewat Bakauheni yan diminta untuk putar balik. Jika diperbolehkan maka bisa nyeberang,” kata dia.

Untuk saat ini pun koordinasi berjalan dengan baik, antara ASDP Merak, BPTD dan Dirlantas untuk kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Sumatera lewat Pelabuhan Bakauheni. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed